New Year

Is It Time?

New Year 2013 Message

 

The Lord said to Moses, “Speak to the Israelites and say to them:
‘I am the Lord your God. You must not do as they do in Egypt, where you used to live, and you must not do as they do in the land of Canaan, where I am bringing you. Do not follow their practices. You must obey my laws and be careful to follow my decrees. I am the Lord your God. Keep my decrees and laws, for the person who obeys them will live by them. I am the Lord.

(Leviticus 18:1-5)

Mengikut Yesus

 

Pergantian tahun mengingatkan kita akan sejauh mana perjalanan hidup kita sudah berlangsung. Ia tidak berbicara soal bagaimana kita hidup. Ia tidak menyediakan kertas evaluasi kehidupan kita. Ia hanya bermaksud menyatakan seberapa banyak usia hidup kita.

Namun menariknya, penanggalan tidak dapat dihitung tanpa referensi. Sejarahwan gereja mula-mula, Eusebius menanggalkan kelahiran Kristus dengan referensi kepada penciptaan langit dan bumi. Ia dapati pada tahun ke 5200. Ketika kekaisaran Romawi berkuasa, maka penanggalan dihubungkan dengan “sejak Roma berdiri” (Ab Urbe Condita).

Kelahiran Tuhan Yesus menandai penanggalan yang kita gunakan saat ini. Kita menggunakan istilah B.C. (Before Christ) dan A.D. (Anno Domini, “in the Year of the Lord”). Tradisi ini dimulai oleh Dionysius Exiguus pada sekitar tahun 533 A.D. dan disempurnakan oleh Paus Gregory yang menciptakan penanggalan Gregorian. Sedangkan penggunaan B.C. merupakan karya Isidore of Seville (570-636 A.D.).

Maka pergantian tahun bukan lagi sekedar mengukur sudah berapa lama kita hidup di dunia ini, atau sudah berapa tua-kah perjalanan sejarah umat manusia, melainkan berkaitan dengan rangkaian karya Allah di dalam Kristus atas segenap ciptaan.

Untuk itu alangkah bijaknya jika kita merenungkan kembali perjalanan langkah kita dengan langkah-langkah Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamat. Langkah kita tidak semestinya diukur dengan odometer seperti mobil untuk menentukan nilainya, melainkan bagaimana posisi dan arah kita di hadapan Tuhan semesta alam.

Subscribe to RSS - New Year
Go to top