Egypt

Keluar Dari MESIR

Adventus & Natal 2010 - 1

 

Matius 2:13-15

Setelah orang-orang majus itu berangkat, nampaklah malaikat Tuhan kepada Yusuf dalam mimpi dan berkata: "Bangunlah, ambillah Anak itu serta ibu-Nya, larilah ke Mesir dan tinggallah di sana sampai Aku berfirman kepadamu, karena Herodes akan mencari Anak itu untuk membunuh Dia." Maka Yusufpun bangunlah, diambilnya Anak itu serta ibu-Nya malam itu juga, lalu menyingkir ke Mesir, dan tinggal di sana hingga Herodes mati. Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi: "Dari Mesir Kupanggil Anak-Ku."

Perempuan itu bernama: MIRYAM

 

Pertama kali kita bertemu dengan Miryam, ia disebut sebagai kakak perempuan Musa. Meskipun tanpa nama awalnya, Miryam bukanlah sekedar kakak perempuan. Ia adalah seorang kakak perempuan yang melakukan tindakan yang sigap dan bijak. Ia mewujudkan Amsal 31:17 tentang perempuan yang bijak: “Ia mengikat pinggangnya dengan kekuatan, ia menguatkan lengannya.”

Ia menjadi teladan bagi kita dalam kesigapannya bertindak mewujudkan kehendak TUHAN bagi pembebasan Israel dari perbudakan di Mesir.

MAKNA DIRI

Calvin dalam bukunya “Institute of Christian Religion” menegaskan bahwa “hikmat kita, sebagaimana sepatutnya benar, teruji dan teguh, terdiri dari dua bagian: pengenalan akan Allah dan pengenalan diri kita sendiri.” Keduanya yaitu pengenalan akan Allah dan pengenalan diri sendiri berpadu dalam kehidupan kita berdasarkan wahyu Allah.

Subscribe to RSS - Egypt
Go to top